Mempercepat Windows Melalui Pengaturan di MSCONFIG

Mempercepat Windows Melalui Pengaturan di MSCONFIG
Mempercepat Windows Melalui Pengaturan di MSCONFIG - Postingan ini bisa dibilang kelanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer. Mungkin di antara kita ada yang belum mengetahui apa itu MSCONFIG. Ya, MSCONFIG adalah sistem konfigurasi windows dimana kita dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan berjalan pada startup windows dan service apa saja yang akan dijalankan. Sebenarnya bukan cuma itu, namun disini saya hanya akan membahas dua hal tersebut.

Dengan mengatur aplikasi apa saja yang akan dijalankan pada startup tentu akan membantu mempercepat kinerja windows. Mengapa demikian ? Karena, bisa kita bayangkan jika ada 10 aplikasi yang berjalan pada startup windows tentu saat pertama kali masuk desktop, windows akan me-load aplikasi-aplikasi tersebut. Tentu dalam proses me-load aplikasi membutuhkan waktu yang berbeda-beda dan apabila kita paksakan untuk segera melakukan aktivitas sebelum proses load selesai bisa saja terjadi not responding. Untuk mengatasi hal itu, disini akan saya bagikan cara untuk men-disable aplikasi yang kiranya tidak terlalu penting untuk berjalan pada startup windows. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Jalankan Run, bisa dengan menekan kombinasi tombol windows + r.
  2. Ketik msconfig, kemudian enter.
  3. Pilih tab startup, kemudian uncheck aplikasi yang kiranya tidak perlu berjalan pada startup. Disini saya merekomendasikan untuk selalu menjalankan/mencentang aplikasi antivirus pada startup.
    Mempercepat Windows melalui Pengaturan Startup Windows
  4. Kemudian klik ok, restart.
Setelah pengaturan startup selesai, kita bisa melanjutkan ke pengaturan services. Langkah pertama dan kedua sama dengan cara pengaturan startup, adapun langkah selanjutnya ialah sebagai berikut.
  • Pilih tab services.
  • Uncheck service background intelligent transfer, security center, windows search, windows update.
    Mempercepat Windows melalui Pengaturan Services
  • Kemudian check hide all microsoft services, disini saya hanya mencentang service yang berhubungan dengan antivirus dan vga driver.
    Mempercepat Windows melalui Pengaturan Services
  • Setelah itu klik ok, restart.
Baiklah cukup sekian postingan mengenai Cara Mempercepat Windows melalui Pengaturan di MSCONFIG, semoga dapat bermanfaat. Untuk postingan selanjutnya, saya akan membahas mengenai Cara Mempercepat Windows Melalui Pengaturan Registry. Jadi, tetap tunggu dan terus update hanya di searfind.blogspot.com, terimakasih.

Ditulis Oleh : Agung Prasetio ~ Searfind

Artikel Terkait

1 comments:

Back to top