Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer
Tidak jarang pengguna windows yang mengeluhkan kinerja sistem operasinya itu menurun atau bisa dibilang lambat padahal sebelumnya normal dan lancar. Lalu apa yang menyebabkan kinerja windows itu menurun sehingga membuat pekerjaan terasa lambat ? Bagaimana cara mempercepat kinerja windows tersebut supaya kembali seperti sedia kala ? Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut, mari kita simak lebih lanjut artikel mengenai Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer ini.

Windows menjadi lambat dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu dari faktor hardware dan faktor software.
  1. Faktor Hardware
    Hardware yang kerap menjadi masalah pada kinerja windows yaitu harddisk. Kondisi harddisk yang badsector dapat menyebabkan windows menjadi lemot bahkan bluescreen. Untuk kasus ini direkomendasikan untuk mengganti harddisk. Kalau tidak, coba anda repair terlebih dahulu harddisk yang badsector dengan aplikasi HDD Regenerator barangkali masih bisa diperbaiki.

    Selain harddisk, hardware yang dapat membuat kinerja windows lambat yaitu prosesor yang overheat. Overheat ini disebabkan karena pasta pendingin processor yang sudah kering dan banyaknya debu yang terdapat di heatsink fan. Coba anda bersihkan semua komponen dari debu dan ganti pasta pendingin processornya.

  2. Faktor Software
    Dari segi software, kinerja windows menjadi lambat karena :
    • banyak aplikasi yang terinstall.
    • windows terinfeksi virus.
    • banyak aplikasi yang berjalan pada startup.
    • banyak services yang berjalan.
    • terdapat registry yang bermasalah.
    • file windows yang hilang atau corrupt.
    • banyak file-file sampah atau temporary.
Penanganan masalah dari segi software dapat dilakukan dengan cara mudah berikut ini.
  1. Coba uninstall aplikasi yang tidak perlu. Saya menyarankan untuk menggunakan Iobit Uninstaller karena software ini menyajikan fitur powerful scan sehingga aplikasi dapat diuninstall secara tuntas.
  2. Coba gunakan aplikasi CCleaner untuk menghapus file-file sampah dan temporary files. CCleaner juga dapat digunakan untuk memperbaiki registry yang bermasalah.
  3. Kurangi atau atur aplikasi yang berjalan di startup. Caranya dapat dilihat disini.
  4. Kurangi atau atur juga services yang berjalan. Caranya dapat dilihat disini.
  5. Atur registry windows. Caranya dapat dilihat disini.
  6. Scan seluruh drive di komputer anda dari program jahat seperti virus, trojan, dsb. Saya sarankan untuk menggunakan Mcafee Virusscan Enterprise 8.8i jangan lupa diupdate terlebih dahulu database antivirusnya sebelum memulai proses scan.
  7. Install ulang windows. Ini merupakan cara terakhir apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil.
Mungkin itu yang bisa saya bagikan mengenai Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Ditulis Oleh : Agung Prasetio ~ Searfind

Agung A. Prasetio Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer yang ditulis oleh Searfind yang berisi tentang :Cara Mudah Mempercepat Kinerja Windows pada Komputer, Mempercepat Kinerja Windows pada laptop, Cara Jitu Mempercepat Kinerja Windows, Penyebab Windows Lemot, Mengatasi Windows Lemot. Dan jika hendak mengcopy artikel ini, jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Back to top