Mengenal Apa itu Parse HTML dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu Parse HTML dan Fungsinya
Mengenal Apa itu Parse HTML dan Fungsinya - Di kalangan para blogger tentu istilah Parse HTML sudah tidak asing lagi. Tapi tidak semua blogger mengetahui apa itu parse html dan apa kegunaannya terutama bagi blogger pemula seperti saya. Nah, pada artikel kali ini akan saya ulas mengenai kegunaan mem-parse kode html.

Parse HTML, kata parse dalam Bahasa Inggris berarti mengurai. Namun, secara definisi saya berpendapat bahwa Parse HTML adalah mengubah kode-kode atau tanda-tanda tertentu menjadi kode entitas (kode unik). Kode-kode yang biasanya diubah yaitu tanda lebih kecil (<), petik dua ("), ampersand (&), petik satu ('), tanda lebih besar (>). Kode-kode tersebut akan diubah menjadi kode-kode yang unik (kode entitas) seperti berikut ini.
  • < akan diubah menjadi &lt;
  • " akan diubah menjadi &quot;
  • & akan diubah menjadi &amp;
  • ' akan diubah menjadi &#039;
  • > akan diubah menjadi &gt;
Mengapa kode html harus diparse terlebih dahulu ? Dengan melakukan HTML Parsing, maka akan mencegah tampilan error di blog ketika dibuka di suatu web browser. Hal ini biasa terjadi pada browser versi lama. Selain itu, mem-parse html dapat membuat kode html yang diparse menjadi lebih seo friendly dan valid html5 jika dibanding dengan yang belum diparse. Cukup sekian, artikel tentang Mengenal Apa Itu Parse HTML dan Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Bagi yang ingin mem-parse kode html milik anda, silahkan masuk ke Tool Parse HTML yang telah saya sediakan. 

Ditulis Oleh : Agung Prasetio ~ Searfind

Agung A. Prasetio Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal Apa itu Parse HTML dan Fungsinya yang ditulis oleh Searfind yang berisi tentang :Mengenal Apa Itu Parse HTML dan Fungsinya, Apa Itu Parse HTML ?, Apa Fungsi Mem-parse Kode HTML ?, Fungsi dari Parse HTML, Kegunaan Mem-parse Kode HTML. Dan jika hendak mengcopy artikel ini, jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.

Artikel Terkait

12 comments:

  1. dari penjelasan di atas kan kalo kode jtml udah di parse maka visual kode akan bisa ditampilkan pada browser versi lama, bagaimana kok bisa terjadi perbedaan antara browser lama dan yang baru, apakah karena memang nrowser v baru emang friendly dgn kode yang eman udah di parse?

    thx gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kode html yang sudah diparse itu utk mengurangi kesalahan pembacaan suatu web browser terhadap kode html, misalnya saja kita ingin menampilkan link url, kode html-nya Parse HTML. Sebelum diparse bisa saja browser menampilkan <a href..... pdahal seharusnya yg ditampilkan adalah Parse HTMLnya. Itu cuma perumpamaan saja. Jadi, sebelum diparse bisa saja browser menampilkan kode html/javascript yang seharusnya tidak ditampilkan di halaman web.

      Delete
  2. dari penjelasan diatas saya mendapatkan ilmu baru tentang manfaat dari penggunaan parse HTML agar tidak error di blog atau di postingan, thanks dah berbagi infonya gan

    ReplyDelete
  3. Maaf mau sedikit bertanya ni mas, kalau misalkan kode iklan dari google adsense diparse kan, apa tidak apa-apa?

    ReplyDelete
  4. apakah semua kode termasuk templatenya juga bisa diparse min ?

    ReplyDelete
  5. min, kalau situs parse terkenal apa?

    ReplyDelete
  6. salam kenal mas agung ,saya mau tanya gimana caranya menambahkan widget pd blog supaya terhubung ?TRIMS

    ReplyDelete
  7. dari penjelasan di atas kan kalo kode jtml udah di parse maka visual kode akan bisa ditampilkan pada browser versi lama, bagaimana kok bisa terjadi perbedaan antara browser lama dan yang baru, apakah karena memang nrowser v baru emang friendly dgn kode yang eman udah di parse?

    ReplyDelete

Back to top